Hyundai IONIQ 6 Hadir di GIIAS dengan Jarak Tempuh Lebih Jauh, Desain Terbaru dan Teknologi Canggih

Dipublish pada 14 Agustus 2023


PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) hari ini resmi meluncurkan model terbaru dari lini electric vehicle (EV) IONIQ, yakni IONIQ 6, dalam perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD City, Tangerang. IONIQ 6 menawarkan kebebasan mobilitas dalam bentuk electrified streamliner dengan fitur ramah lingkungan dan teknologi canggih. Peluncuran IONIQ 6 semakin mengukuhkan posisi Hyundai sebagai game-changer di industri otomotif Indonesia dalam mendorong percepatan elektrifikasi di Tanah Air, khususnya dengan lini kendaraan listrik yang semakin lengkap bersama IONIQ 5.
 
WooJune Cha, President Director of HMID, mengatakan, "Progress for Humanity sebagai visi besar perusahaan merupakan dasar dari setiap inovasi yang Hyundai hadirkan untuk mobilitas masa depan yang berkelanjutan. Berlandaskan visi tersebut, IONIQ 6 hadir sebagai langkah nyata Hyundai untuk memperkuat kepemimpinannya dalam elektrifikasi kendaraan dan solusi mobilitas cerdas. Hadirnya IONIQ 6 pun menjadi bagian dari upaya berkelanjutan kami dalam mendukung pemerintah untuk mendorong percepatan elektrifikasi industri otomotif di Indonesia. Melalui pengenalan model baru ini, kami menyediakan berbagai pilihan kepada konsumen Indonesia, sehingga mereka dapat memiliki lebih banyak opsi dalam memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka."
 
Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer of HMID, menambahkan, "IONIQ 6 merupakan buah dari konsistensi Hyundai dalam berinovasi dan mendobrak batas untuk merancang desain mobil modern, khususnya untuk kendaraan listrik. Maka dari itu, IONIQ 6 hadir sebagai mobil listrik murni Hyundai paling aerodinamis dan paling efisien daya saat ini. Lengkap dengan eksterior yang futuristis, interior yang lapang, serta pengembangan teknologi yang advance, IONIQ 6 memberi pengalaman berkendara terbarukan yang tak dapat ditemukan di kendaraan lainnya untuk Awaken Your World."
 
Model terbaru dari lineup IONIQ selaku lini kendaraan khusus BEV mengusung keselarasan antara estetika, efisiensi, dan fungsionalitas dengan tema desain Ethical Uniqueness yang mencerminkan komitmen customer-centricity dari Hyundai dalam menjalankan efisiensi energi dan tanggung jawab terhadap lingkungan. Terinspirasi oleh Prophecy EV Concept dari Hyundai, IONIQ 6 memiliki ciri khas akan goresan garis yang simple dan clean serta rancang bangun yang aerodinamis, yang disebut oleh para desainer Hyundai sebagai Emotional Efficiency.
 
Sejak pertama kali diluncurkan secara global, IONIQ 6 telah mendapatkan pengakuan dunia melalui prestasi di berbagai ajang bergengsi, di antaranya adalah World Car of the Year, World Electric Vehicle, dan World Car Design of the Year di perhelatan 2023 New York International Auto Show (NYIAS), kali kedua lini IONIQ menggaet penghargaan World Car Awards setelah IONIQ 5 pada NYIAS 2022. Selain itu, IONIQ 6 juga memenangkan penghargaan "Saloon of the Year" pada 2023 GQ Car Awards, penghargaan EV of the Year 2023 oleh majalah Car and Driver, serta "Best in Class" di kategori "Large Family Car" oleh Euro New Car Assessment Programme (NCAP).
 
Lebih lanjut, bersama IONIQ 5, IONIQ 6 juga menjadi bentuk komitmen Hyundai dalam mendukung kesuksesan Indonesia sebagai ASEAN Chairmanship 2023 pada penyelenggaraan ASEAN Summit ke-43 pada September 2023 di Jakarta dan Archipelagic & Island States Summit 2023 pada Oktober 2023 di Bali. Pada kedua ajang tersebut, IONIQ 6 akan digunakan sebagai kendaraan untuk pasangan delegasi VVIP, sementara IONIQ 5 disiapkan menjadi kendaraan operasional.
 
Eksterior Futuristis yang Mengedepankan Desain Aerodinamis
 
Mengusung konsep Electrified Streamliner dengan tampilan yang sporty dan modern, IONIQ 6 menawarkan solusi mobilitas cerdas dengan desain eksterior yang sleek dan futuristis. IONIQ 6 merupakan model kendaraan Hyundai dengan drag coefficient terendah, yaitu 0,21, menjadikannya sebagai salah satu BEV paling aerodinamis saat ini.
 
Tidak hanya pada kontur mobil, aspek aerodinamis juga ditekankan pada detail-detail eksterior lainnya. Salah satunya adalah gagang pintu yang menggunakan Flush Door Handles yang telah dirancang saksama untuk meningkatkan aerodinamika dari kendaraan. Flush Door Handles yang rata dengan bodi saat mobil terkunci juga memastikan keamanan dari IONIQ 6. Aspek ini didukung oleh penampilan stylish IONIQ 6 dengan penggunaan velg alloy berukuran 20 inci.
 
Kesan mewah dan futuristis pada eksterior IONIQ 6 pun tampak dari penggunaan desain lighting Parametric Pixels di lampu depan dan lampu belakang serta Parametric Pixel High-Mounted Stop Lamp pada rear spoiler. Sistem Parametric Pixel tidak hanya menambah estetika desain dari IONIQ 6, tapi juga menjadi simbol yang menerangi masa depan elektrifikasi industri otomotif Indonesia.
 
Hyundai meneruskan komitmen berkelanjutan dengan menggabungkan fungsionalitas dan estetika dari Hyundai IONIQ 6 ke dalam aplikasi interior, khususnya dalam melakukan pewarnaan pada kendaraan. Pigment paint untuk body cladding IONIQ 6 dibuat dari sampah ban yang didaur ulang.
 
Interior Lapang berkat E-GMP
 
Terinspirasi dari bentuk kepompong (cocoon), Hyundai IONIQ 6 dirancang untuk mengutamakan kenyamanan dan keleluasaan pengguna. Dilengkapi dengan platform E-GMP untuk memberikan kenyamanan maksimal di dalam kendaraan, IONIQ 6 memiliki wheelbase sepanjang 2.950 mm yang membuat interior kendaraan lebih lapang dibanding model BEV lainnya. Secara keseluruhan, dimensi IONIQ 6 berukuran panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 1.495 mm, serta ground clearance 141 mm yang menawarkan kenyamanan dan kestabilan selama perjalanan.
 
Ruang interior pun IONIQ 6 benar-benar terasa luas berkat legroom yang lebih lega dan lantai mobil yang sepenuhnya rata sehingga pengguna bisa lebih rileks dalam melakukan perjalanan. Lapangnya interior IONIQ 6 juga semakin maksimal dengan ditiadakannya tombol-tombol fisik pada pintu depan untuk memberikan ruang yang lebih banyak terhadap penyimpanan barang. Adapun interior dari baris depan IONIQ 6 juga dilengkapi dengan bridge-style open console yang bisa diatur untuk meletakkan perangkat atau menyimpan barang keperluan. IONIQ 6 juga dilengkapi glove box sebagai ruang penyimpanan yang efisien.
 
IONIQ 6 juga menghadirkan kenyaman maksimal di tiap kursi. Di baris depan, pengguna akan dimanjakan dengan fitur Relaxation Comfort Seat di mana posisi bantalan kursi, sandaran kursi, dan penyangga kaki bisa diatur sesuai keinginan. Jadi, pengguna bisa mendapatkan posisi duduk yang relaxing dan lebih nyaman. Lalu, kursi pengemudi dan kursi penumpang depan telah dilengkapi dengan pengaturan elektrik 10 arah, lumbar support, memory function, serta pendingin dan pemanas kursi, jadi pengguna bisa menjaga postur tubuh dan kenyamanan tetap sempurna selama berkendara.
 
Tak hanya lapang, interior IONIQ 6 juga tampil elegan berkat kehadiran Dual Color Ambient Lighting. Dengan fitur ini, pengguna bisa memilih profil pencahayaan di dalam kendaraan sesuai mood dan selera dari 64 opsi warna dan 6 tema warna ganda yang tersedia.
 
Seperti eksteriornya, interior IONIQ 6 juga menerapkan aspek berkelanjutan lewat penggunaan berbagai bahan ramah lingkungan. IONIQ 6 menggunakan material hasil daur ulang botol PET serta komponen alami berbasis tebu dan jagung dalam membuat berbagai elemen seperti jok, headlining, dan karpet. Seluruh permukaan panel interior pintu dan setir IONIQ 6 pun dilapisi oleh cat berbahan alami dari minyak ekstrak tanaman bunga kubis dan jagung.
 
Teknologi Terdepan untuk Pengalaman Berkendara yang Memuaskan
 
Pengembangan arsitektur E-GMP pada IONIQ 6 menawarkan peningkatan signifikan terhadap kenyamanan berkendara secara keseluruhan, baik dari segi performa maupun jarak tempuh. Berbekal baterai 77,4 kWh dan menggunakan dual motor dengan sistem penggerak all-wheel drive, IONIQ 6 mampu menghasilkan daya sebesar 239 kW dan torsi sebesar 605 Nm. Tenaga maksimal pun memungkinkan IONIQ 6 mampu melaju dari 0–100 km/jam hanya dalam waktu 5,1 detik, dengan kecepatan maksimal dapat mencapai 185 km/jam.
 
Performa terdepan didukung dengan konsumsi daya yang efisien untuk jarak tempuh yang panjang. Berdasarkan hasil uji coba dari Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLPT), IONIQ 6 bisa menempuh hingga 519 km per pengisian daya dengan konsumsi energi 16,9 kWh/100 km. Dengan begitu, IONIQ 6 menjadi salah satu BEV paling efisien daya saat ini. Berdasarkan pengukuran tersebut, IONIQ 6 dapat menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Magelang, Jawa Tengah, dalam satu kali pengisian daya baterai. Pengguna pun bisa menikmati pengalaman berkendara yang worry-free dengan IONIQ 6, bahkan untuk perjalanan jarak jauh.
 
Peningkatan platform E-GMP juga memungkinkan pengisian daya yang lebih optimal. IONIQ 6 telah mendukung teknologi DC ultra fast charging hingga 800V yang mampu mengisi daya kendaraan hanya dalam waktu 18 menit (10%–80%) menggunakan ultra fast-charger dengan kapasitas 350 kW. Adapun pengguna bisa menikmati pengisian super cepat ini di Ultra Fast Charging Station Hyundai di Plaza Indonesia, Jakarta. IONIQ 6 juga kompatibel terhadap DC fast charging dengan daya 50kW dengan durasi pengisian sekitar 73 menit (10%–80%) dan AC standard charging dengan daya 7kW dengan waktu pengisian sekitar 12 jam (0%–100%).
 
Sama halnya dengan IONIQ 5, IONIQ 6 juga menawarkan teknologi Vehicle-to-Load (V2L). Menawarkan kapasitas hingga 3.600 watt, fitur ini memungkinkan mobil berfungsi sebagai pengisi daya listrik dalam perjalanan, jadi pengguna bisa mengisi daya perangkat listrik apa pun, dari sepeda listrik, skuter listrik, hingga peralatan berkemah, langsung dari kendaraan. Selain memiliki power outlet eksternal, IONIQ 6 juga menyediakan power outlet di interior kendaraan untuk mengisi daya smartphone, laptop, dan gadget lainnya dengan praktis.
 
Teknologi terdepan juga disematkan pada sistem infotainment kendaraan. IONIQ 6 telah dibekali Supervision Digital Cluster berukuran 12.3 inci dan Head-up Display, Bluetooth. Konektivitas yang ditawarkan menjamin pengalaman hiburan immersive selama perjalanan, apalagi IONIQ 6 juga dilengkapi 8 BOSE Premium Audio System dengan External Amplifier dan LED ambient mood lighting.
 
Fitur Hyundai SmartSense yang Komprehensif, Mendukung Keamanan Berkendara
 
IONIQ 6 telah dibekali fitur keamanan terkini nan komprehensif dari Hyundai SmartSense untuk memberikan pengalaman berkendara terdepan. Diciptakan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan berkendara bagi pengguna, Hyundai SmartSense dirancang agar bisa memantau area sekitar dan membantu pengguna menghindari potensi bahaya saat mengemudi.
 
Salah satu fitur Hyundai SmartSense yang disematkan pada IONIQ 6 adalah Intelligent Front-lighting System (IFS). Fitur ini secara pintar mematikan sebagian dari lampu High Beam IONIQ 6 agar tidak mengganggu pengemudi mobil di depan atau sisi lain jalan. Dipandu kamera dan headlamp controller IONIQ 6, fitur ini membuat pengalaman berkendara di malam hari jadi lebih aman.
 
Lalu, ada Forward Collision-Avoidance Assist 2 (FCA 2) yang bisa mencegah tabrakan dengan kendaraan atau objek lain di sekitar IONIQ 6. Fitur ini dapat melakukan pengereman secara otomatis jika mendeteksi potensi tabrakan dari sisi kiri atau kanan persimpangan jalan hingga menyesuaikan kemudi mobil agar tidak menabrak saat berganti jalur.
 
Fitur Hyundai SmartSense lain yang hadir di IONIQ 6 meliputi Blind-Spot Collision-avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Driver Attention Warning (DAW) yang meliputi Leading Vehicle Departure Alert, Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist - Line/Road-Edge (LKA-L/R), Parking Collision-avoidance Assist-Reverse (PCA-R), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Rear Occupant Alert (ROA), Safe Exit Warning (SEW), Smart Cruise Control (SCC) with Stop & Go Function, dan Surround View Monitor (SVM).
 
Untuk menjamin pengalaman berkendara yang aman dan nyaman, IONIQ 6 juga didukung dengan fiturfitur Electronic Stability Control (ESC) yang meliputi Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist System (BAS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Hill-start Assist Control (HAC), Multi Collision-Avoidance Brake (MCB), Traction Control System (TCS), dan Vehicle Stability Management (VSM). Tak ketinggalan, terdapat fungsi-fungsi penunjang lainnya seperti Emergency Stop Signal (ESS), Manual Speed Limit Assist (MSLA), Parking Distance Warning - Forward/Side/Reverse (PDW-F/S/R), Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), dan Virtual Engine Sound System (VESS).

Artikel Menarik Lainnya

Hyundai IONIQ 5, Mobil Listrik Pertama Produksi Indonesia, Definisi Mobilitas Masa Depan Indonesia

Dipublish pada 31 Maret 2022

PT Hyundai Motors Indonesia hari ini memperkenalkan IONIQ 5, mobil listrik mid-size terbaru dari Hyundai, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. selengkapnya

Hyundai STARGAZER X Meluncur di GIIAS 2023, Untuk Mobilitas Seru dengan Fitur dan Teknologi Terdepan

Dipublish pada 10 Agustus 2023

Hyundai STARGAZER X menetapkan standar baru pengalaman mobilitas menyenangkan dan worry-free yang didukung fitur dan teknologi canggih selengkapnya

Hyundai dan BTS Luncurkan Hyundai IONIQ Sebagai Brand Khusus EV dengan lagu IONIQ: Im On It

Dipublish pada 31 Agustus 2020

Hyundai Motor Company dan boy band ternama BTS merilis lagu baru, IONIQ: I m On It untuk merayakan peluncuran IONIQ in charge of turning the world selengkapnya